Monday, July 2, 2018

jangan sampai bau mulut lakukan ini....

Mengapa Menjaga Kesehatan Mulut itu Penting?

kesehatan mulut dokterbabe
Tahukah kamu? Jika kebersihan mulut dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara umum - dokterbabe
Tahukah kamu jika mulut merupakan kunci dari bagian tubuh manusia? Pasalnya, kebersihan mulut dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara umum.
Banyak yang tidak mengetahui jika tubuh memiliki berbagai macam bakteri baik dan jahat, begitu pula dengan mulut. Kondisi mulut yang sehat sebenarnya bisa kamu dapatkan dengan menggosok gigi ataupun menggunakan benang gigi secara teratur.
Mulut dan gigi yang tidak terawat tentu akan menyebabkan bakteri jahat di dalam mulut berkembang biak. Hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi, hingga penyakit gusi.

Tips Menjaga Kesehatan Mulut

Menjaga kondisi mulut yang sehat tidak hanya sekadar menggosok gigi, membersihkan gigi menggunakan benang gigi atau berkumur dengan obat kumur. Kamu juga perlu menghindari kebiasaan yang mungkin dapat menganggu kesehatan mulut. Agar tak keliru, begini tips menjaganya:

Pilih Sikat Gigi yang Tepat

Salah dalam memilih sikat gigi juga bisa berdampak pada kesehatan gigi. Perlu diketahui bahwa sikat gigi memiliki jangka pakai eekitar tiga bulan.
Kamu perlu memperhatikan kondisi bulu pada sikat gigi. Apabila bulu-bulunya sudah mulai mekar atau bahkan gagangnya mulai bengkok, sebaiknya tidak kamu gunakan lagi. Sebab, sikat gigi tersebut besar risikonya untuk merusak gigi atau melukai gusimu.

Perhatikan Cara Menyikat Gigi

Rajin menggosok gigi bukan berarti kamu terbebas dari masalah mulut. Menyikat gigi ternyata juga membutuhkan teknik yang benar. Pegang sikat gigi dengan sudut 45 derajat mengarah ke gusi dan sikatlah dengan gerakan memutar secara perlahan-lahan.
Menyikat gigi pun tidak perlu berlebihan dan wajib dilakukan secara hati-hati. Kamu cukup melakukan sekitar 10-15 kali setiap kali menyikat. Sebab, membersihkan gigi dengan berlebihan kemungkinan dapat menyebabkan kerusakan gigi serta mengiritasi gusi.
kesehatan mulut dokterbabe
Menyikat gigi ternyata juga membutuhkan teknik yang benar - dokterbabe

Menggunakan Benang Gigi

Menyikat gigi mungkin tidak sepenuhnya mampu menghilangkan plak pada gigi. Kamu bisa menggunakan bantuan benang gigi (dental floss) yang dipercaya dapat menjaga kesehatan mulut. Jika kamu tidak terbiasa, cobalah sesekali berlatih di depan cermin secara perlahan.

Hindari Minuman Berkarbonasi

Selain tinggi akan kandungan gula, minuman berkarbonasi seperti soda memiliki peran besar dalam memicu kerusakan gigi. Pasalnya, minuman yang satu ini mengandung asam yang dapat menipiskan lapisan enamel gigi.
kesehatan mulut dokterbabe
Minuman berkabonasi seperti soda memiliki peran besar dalam memicu kerusakan gigi - dokterbabe

Berhenti Merokok

Rokok tidak hanya merusak penampilan gigi, tetapi juga berkontribusi dalam pembentukan plak dan berkembangnya bakteri. Dua senyawa utama pada rokok, yakni nikotin dan tar dapat memicu kerusakan gigi, jaringan lunak dalam mulut, bahkan meningkatkan risiko tanggalnya gigi.
Untuk menghindarinya, tentu kamu perlu menghindari kebiasaan buruk merokok. Selain mengancam kesehatan mulut, merokok juga mampu memicu penyakit lainnya seperti kanker mulut.
Baca Juga: 5 Cara Jitu Untuk Mencegah Bau Mulut

Periksakan Gigi ke Dokter Secara Teratur

kesehatan mulut dokterbabe
Mendeteksi gangguan kesehatan mulut lebih awal dapat membantu proses penanganan masalah gigi secara cepat - dokterbabe
Meski kamu tidak memiliki keluhan terhadap mulut dan gigi, kamu tetap dianjurkan untuk memeriksakan kondisi mulut setidaknya tiap enam bulan sekali.
Selain menghindari dari kerusakan yang lebih parah, mendeteksi gangguan kesehatan mulut lebih awal dapat membantu proses penanganan masalah gigi secara cepat dan tepat.
Sekarang kamu sudah paham bagaimana cara menjaga kesehatan mulut, kan? Agar kesehatan mulutmu terus terjaga, lakukanlah beberapa tips di atas secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal.
Ingat, jika kamu mengalami masalah pada mulut ataupun gigi, segera lakukan konsultasi atau periksakan diri ke dokter.


 https://www.okaydoc.com/artikel/kesehatan-mulut/

No comments:

Post a Comment

matcha kitkat muffin

Matcha Kitkat Muffins (Tanpa Mixer)   81 Suka Kedatangan sahabat dari Jakarta yang udah lama ngga ketemu. Di buatin ini aja b...